Mengenal Cara Kerja Komputer Secara Sederhana dan Singkat dalam Memproses Data

Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu mengenai bagaimana sebuah computer bekerja. Sistem kerja pada computer hanya diketahui oleh sebagain orang saja, terutama anak-anak sekolah dan para pekerja kantor. Namun kita sebagai orang awam juga penting untuk mengetahui cara kerja sebuah komputer Secara Sederhana dan Singkat dalam Memproses Data.

Cara Kerja Komputer

Dahulu ketika teknologi yang digunakan pada komputer digital telah berganti secara dramatis, yaitu sejak komputer muncul pertama kali tahun 1940 an, komputer umumnya masih memakai arsitektur milik Von Neumann, yang diusulkan oleh John Von Neumanndi di awal tahun 1940-an.

Seorang Arsitektur, Mr. Von Neumann menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama yaitu:
1. unit Aritmatika & Logis atau disingkat ALU,
2. unit kontrol,
3. memori,
4. alat masukan dan hasil (nama lainnya I/O).

Memori merupakan urutan byte yang diberi nomor, bisa kita umpamakan seperti sel/lubang burung dara, di setiap kantong berisikan sepotong informasi yang kecil. Informasi itulah yang memungkinkan nanti akan menjadi perintah untuk mengatakan kepda komputer apa yang harus dikerjakan oleh system tersebut.

  1. Pemrosesan. Sebuah CPU/singkatan dari Unit Pemproses Pusat dalam bahasa Inggris-nya central processing unit, yang bertugas untuk memproses arahan, melakukan pengiraan dan mengatur lalu lintas informasi menerusi sistem komputer. Unit/perangkat pemprosesan juga akan melakukan komunikasi dengan perangkat input, output dan penyimpanan untuk melaksanakan arahan – arahan yang berkaitan.
  2. Input dan Hasil. I/O akan mengizinkan komputer memperoleh informasi dari dunia luar, dan meletakkan hasil pekerjaanya di sana, ini bisa berbentuk fisik maupun non fisik. Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab di telinga kita misalnya keyboard, monitor maupun hardisk, aau juga yang lebih tidak biasa misalnya adalah webcam, mesin printer, mesin scanner, dan lain sebagainya.
  3. Instruksi / perintah. Perintah/instruksi yang dibahas seperti judul di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya memiliki jumlah yang terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer misalnya yaitu “melakukan penyalinan isi sel 456, dan tempat tiruan di sel 789, menambahkan isi sel 888 ke sel 063, & tempat akibat di sel 024?, & jika isi sel 777 adalah 0, maka perintah berikutnya di sel 456.
  4. Arsitektur. Komputer kontemporer meletakkan ALU dan juga unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau lebih dikebnal dengan CPU.
  5. Program. Program dalam komputer merupakan daftar perintah yang besar untuk dijalankan oleh komputer. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, & banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. SebuahKomputer modern yang umum mampu mengerjakan sekitar 2 bahkani 3 milyar perintah dalam 1 detik.
  6. Sistem Operasi. Sistem operasi yaitu semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Di saat semacam kode komputer bisa dipakai secara bersama oleh bermacam-macam program komputer, lalu setelah bertahun-tahun, programer akhirnya memindahkan ke dalam system operasi.

Semoga sedikit penjelasan tentang Cara Kerja Komputer Secara Sederhana dan Singkat dalam Memproses Data bisa bermanfaat.