Belajar Bagaimana Cara Melatih Olah Vokal Secara Otododak Tanpa Merusak Suara

Cara Latihan Vokal Industri musik di Indonesia memberikan kesempatan banyak orang untuk menjadi seorang penyanyi, namun demikian bermodal suara bagus saja tidak cukup. Untuk lebih mendalami dunia tarik suara yang kian kompetitif, ada baiknya jika kita melatih vocal kita agar lebih baik. Berikut Cara Latihan Vokal Sendiri dengan Nada Tinggi yang Baik

1. Melatih Pernafasan.

Faktor mendasar dalam bernyanyi adalah masalah nafas, karena terjadinya bunyi vokal terproses lewat gesekan nafas dengan pita suara yang digetarkan oleh resonansi leher. Latihan yang akan dilatih memiliki dua manfaat. Pertama, agar bisa mempunyai nafas yang cukup panjang untuk menghindari nyanyian yang terengah-engah yang dapat mengakibatkan nyanyian terdengar tak nyaman.

Selanjutnya yang kedua, untuk menambah tenaga diafragma/tekhnik powering diafragma.
Latihan pernafasan yang bisa kita lakukan adalah, mengambil nafas pelan-pelan dalam 10 detik, selanjutnya langsung menahan nafas dalam waktu 10 detik, lalu keluarkanlah nafas pelan-pelan dalam waktu 10 detik. Jika tidak kuat jangan mencuri/membuang nafas di luar yang telah ditentukan tadi. Pada kondisi yang tidak kuat ada baiknya buang saja nafas kemudian bersiap lagi untuk kembali dari proses pengambilan nafas. Jika interval 10 detik dirasa mudah maka kita boleh meningkatkan menjadi 15 detik, 20 detik dst. Bila kondisi tubuh mulai sangat lelah terlebih jika merasa pusing, janganlah memaksakan diri. Olahraga rutin misalnya jogging, renang dan lain-lain juga bisa meningkatkan stamina dan pernafasan kita ketika bernyanyi.

2. Tips Menambah Tenaga Vokal.

Tenaga suara juga sering disebut power adalah sama pentingnya dengan mencapai suara sempurna. Karena suara yang lemah tak akan menarik perhatian pendengar. Power suara yang dimaksud bukanlah tenaga yang asal seperti menjerit-jerit, karena suara yang demikian dapat membuat lelah orang yang medngarnya. Tenaga yang dimaksud yaitu vokal yang dihasilkan oleh tenaga diri, tekhnik vocal, dan tenaga perasaan.

Cara melatih tenaga suara yang sangat praktis yaitu dengan menyiapkan sebuah lilin yang menyala, kemudian lilin tersebut ditiup dari jarak minimal 1,5 meter sampai padam. Latih 10 sampai 20 kali tiap sesi dan usahakan dalam sehari melakukan dalam 2 sesi. Jika jarak 1,5 meter sudah semakin mudah, maka perjauhlah jarak tersebut, ada baiknya juga jika jumlah lilin semakin diperbanyak dalam bentuk yang berderet. Yang perlu diperhatikan dalam latihan ini yaitu, tiuplah lilin dengan tenaga perasaan. Latihan ini juga membantu dalam meninggikan suara.

3. Tips Untuk Penyanyi Sumbang.

Cara yang sering dipakai dalam melatih penyanyi bersuara sumbang secara akademis yaitu latihan solfegio. Caranya yaitu dengan sering-sering berlatih menyanyi sambil menutup telinga sebelah kiri/sebelah kanan. Menutup sebelah telinga bisa membuat kita semakin mudah dan jelas ketika mengontrol nada vokal kita sendiri.

Jika ada seseorang yang memperoleh hasil latihan tak sebaik yang lainnya, hal itu mungkin dikarenakan ia tergolong kurang mempunyai bahan dasar kepekaan nada dibanding orang yang lebih berhasil tadi, karena memang tingkat kepekaan nada yang dimiliki seseorang (bakat musical) setiap manusia tak semuanya sama. Yang terpenting, latihan ini insyaAllah akan membantu peningkatan kepekaan nada siapapun.

Itulah sedikit informasi Cara Latihan Vokal Sendiri dengan Nada Tinggi yang Baik yang bisa kita coba. Selamat mencoba..