Menjaga Agar Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan naik bukan hanya karena banyak makan lho?

Kata dokter Sam “Naiknya berat badan tidak bisa digeneralisir berdasarkan jumlah makanan yang masuk berlebihan atau pilihan jenis makanannya, namun lebih kepada metabolisme dalam tubuh”.
Jika metabolisme tubuh tinggi, berapa pun banyaknya Anda makan, dengan pembakaran yang tinggi, Anda tak mudah gemuk. Sebab, energi yang masuk seimbang dengan energi yang keluar melalui pembakaran.

Sedangkan orang dengan metabolisme tubuh rendah, makan sedikit saja (minum air es misalnya) bisa mudah gemuk. Proses pembakaran dalam tubuh yang rendah membuat seseorang mudah naik berat badannya.
Cara praktis Agar Berat Badan Tetap Ideal adalah dengan seimbangkan asupan dengan keluaran, atau makanan atau energi yang masuk dengan energi yang keluar atau dibakar.
Seseorang memiliki kelebihan berat badan karena energi yang dibakar atau dibuang lebih sedikit dibandingkan energi yang masuk.

Dengan lebih banyak melakukan pembakaran melalui olahraga atau aktif bergerak, metabolisme tubuh bekerja dan energi yang masuk bisa lebih banyak terbakar.
Jadi jika ingin kurus, pembakaran perlu lebih besar dan asupan lebih sedikit. Sedangkan kalau ingin gemuk, perbanyak asupan makanan dan kurangi pembakaran” katanya dokter Sam.
Kesimpulannya, jika saat ini Anda merasa kelebihan berat badan, kurangi makan dan perbanyak olahraga.
Kuncinya adalah Mendisiplinkan diri untuk mengontrol asupan (makanan yang masuk) dan keluaran (pembakaran dalam tubuh).

Referensi:
dr. Samuel Oetoro, SpGK
Dokter Spesialis Gizi Klinis